Rangkuman tanya jawab kajian sore bersama Ust Amin Muchtar, Kamis, 12 Maret 2020.
*TANYA*
Bgmn cara menghadapi murid/siswa yg susah diatur, bahkan nakal. Bgmn cara menghadapinya scr Islam, apakah dosa apabila saya pernah marah dan meninggikan suara pd anak2?
*JAWAB*
Yg hrs difahami, bhw anak yg susah diatur pd dasarnya hrs berangkat dari bhw anak ini bkn krn susah diatur, tp kita blm mendpt kuncinya cara mendidiknya/mengaturnya yg tepat.
Kita hrs merubah mindset kita, bhw anak tsb bkn susah diatur, tp anak tsb sdng memberikan ilmu yg selama ini blm kita dpt. Krn kalau kita tdk bs merubah mindset, kita akan kelelahan sendiri menghadapi anak2 tsb.
Berhusnudzonlah bhw Allah sdng mengajarkan kita melalui anak tsb.
Marah itu boleh, krn termasuk fitrah manusia, tetapi marah krn sayang. Krn dgn marahlah kita pny ketahanan, tp jngn sampai krn marah keluar ucapan2 yg membuat Allah tdk ridho.
Semakin istimewa siswa, suatu saat akan menjadi sesuatu yg paling dirindukan.
*TANYA*
Apakah hujum rajam baik yg muhson mauoun gjoyr muhson bisa diterapkan di negara kita ?
*JAWAB*
Penegakan syariat Islam ada aturan mainnya, yaitu hrs dilakukan oleh *Mukallaf* yaitu, _orang yg sdh terkena kewajiban hukum (subyek hukum)_
Di Indonesia blm bs ditegakkan krn ghoyr mukallaf, yaitu pihak yg berwenang yg hrs melakukan baru dianghal sah.
Contoh, jika terjd suatu perzinahan, tdk bs ketua DKM, ketua RT atau RW serta merta melaksanakan hkm rajam pd para pelaku perzinahan tsb.
Krn syariat ditegakkan bkn krn benci atau krn napsu. Jd tugas kita bkn hanya menegakkan hukum rajamnya, tp siapa petugas yg berwenang mnrt syariat yg boleh melakukannya.
Krn dlm syariat Islam bkm hanya dikenal hk jinayat saja, tp juga ada hk murofa'at atau hk beracara.
*TANYA*
Kalau anak lahir diadzanin dan mayat sblm dikuburj diadzanin, bgmn hukumnya?
*JAWAB*
Menadzani anak yg baru lahir adlah perbuatan bid'ah krn tertipu oleh hadist dhaif, yaitu
عَنْ أَبِي رَافِعٍ قَالَ رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَذَّنَ فِى أُذُنِ اْلحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ حِيْنَ وَلَدَتْ فَاطِمَةُ بِالصَّلاَةِ . أحمد، الفتح الربانى ۱٣ : ۱٣٣ أبو داود ٢ : ٦۲۱ الترمذى ٤ : ۸٢ البيهقى ۹ : ٣۰٥
Dari Abi Rofi’, ia berkata : Saya melihat Rasulullah SAW mengazani seperti adzan sholat di telinga Al Hasan Bin Ali ketika Fatimah melahirkannya. HR Ahmad,
"Setiap bayi yg baru lahir lalu diadzankan ditelinga kanan dan dikumandangkan iqomah ditelinga kiri, maka Ummu Sibyan (syetan) tdk akan membahayakannya.
Hadist2 dhaif tsb diadopsi ke dlm parenting, diambil hikmahnya, bhw kalimat2 thoyibah pertamalah yg didengar oleh bayi yg baru lahir, sehingga jika sdh besar kelak, hatinya akan terpaut dgn shalat.
Dari sisi hadist, mengadzani bayi hadistnya dhaif. Dari sisi rasionalisasi, pd faktanya, bayi yg baru lahir blm.bs mendengar.
Mengadzani mayat dikuburan tdk ada hadistnya sama sekali, krn tujuan adzan adalah pemberitahuan sdh masuk waktu awal sholat, sementara orng yg sdh masuk ke dlm kuburan, sdh selesai semua kewajiban dan ibadah.
*TANYA*
Apa yg mendasari shalat tarawih di Mekkah lbh dari 11 rakaat.
*JAWAb*
Para ulama di Mekkah tahu scr dalil bhw 23 rakaat itu tdk ada dalilnya, tetapi menghargai madzhab mayoritas jamaah yg dtng ke Mekkah bermadzhab Syafi'iyah, yg menyatakan ada lbh dari 11 rakaat utk tarawih. Jd bkn krn ada dalil shahih ttng shalat tarawih 23 rakaat. Krn taraweh tdk ada formasi lainnya selain 4,4,3
*TANYA*
Bagaimana terkait soal mushofahah krn orng skrng cenderung tdk mau bersalaman karena takut terkena virus corona.
*jAWAB*
Yg hrs difahami bhw Nabi mengingatkan kita ttng wabah penyakit, yaitu, bagi orng yg beriman, kita wajib berusaha mencegah tindakan2 yg sifaynya fisikal material kita usahakan. Seperti sering bercuci tangan pakai sabun dll. Tp jika.kita mrnjd pobhi kpd setiap orng, itu yg tdk boleh.
Rasulullaah mengajarkan pd kita, bila ada wabah, kita terkena atau tdk terkena itu jd Rahmat Allah yg menentukan.
Berusaha semaksimal mungkin, tp kebiasaan baik kita jd terganggu, sprt menjd tdk pergi ngaji krn tdk mau berada di kerumunan orng2 yg dikhawatirkna bs menularkan.
Pd saat kita salam dgn orng yg sdh biasa, maka kita dianjurkan utk meyakini bhw Allah akan menlindungi kita.
*TANYA*
Bgmn hukum meyakini 20 sifat Allah
*JAWAB*
Meyakini 20 dari sifat Allah bkn membatasi, tp bagian dari asma dan sifat. Yg salah itu jika kita meyakini sifat Allah itu hanya ada 20. Maka yg menetapkan 20 sifat Allah itu bkn membatasi utk meyakini sifat Allah hanya 20, tp bagian dari sifat Allah.