[13/11 04:43] +62 838-2335-3627: bismillah ustadz bade tumaros perkawis teks berikut
وَقَدْ رُوِيَ أَنَّ أَبَا لَهَبٍ رُؤِيَ بَعْدَ مَوْتِهِ فِي النَّوْمِ ، فَقِيْلَ لَهُ : مَا حَالُكَ ، فَقَالَ فِي النَّارِ ، إِلَّا أَنَّهُ يُخَفَّفُ عَنِّيْ كُلَّ لَيْلَةِ اثْنَيْنِ وَأَمُصُّ مِنْ بَيْنَ أَصْبُعِيْ مَاءً بِقَدْرِ هَذَا – وَأَشَارَ إِلَى نُقْرَةِ إِبْهَامِهِ – وَأَنَّ ذَلِكَ بِإِعْتَاقِيْ لِثُوَيْبَةَ عِنْدَمَا بَشَّرَتْنِيْ بِوِلَادَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَبِإِرْضَاعِهَا لَهُ
[13/11 04:50] +62 838-2335-3627: bilih lepat ngahartosken margi dgn teks di atas ada yg berpendapat bahwa abu tholib paman nabi mendapatkat keringanan siksaan di sebabkan beliau semasa hidupnya sangat bahagia dengan kelahiran muhammad
[13/11 23:19] ust abu qutbie: Astaghfirullaah...
Dapat tulisan ini darimana?
Pernyataan ini bohong, dusta, tidak ada sanad dan tidak ditemukan dalam kitab hadis apapun.
Kalimaynya juga _Ruwiya_, shighah Majhul, menunjukan memang tidak ada sumbernya.
Berani sekali org yg berdusta demi menghalalkan peringatan maulidan
[13/11 23:19] ust abu qutbie: ana terjemahkan:
“Abu Lahab diperlihatkan di dalam mimpi setelah ia mati, ditanyakan kepadanya, “Bagaimana keadaanmu?” Ia menjawab, “Di dalam neraka, hanya saja azabku diringankan setiap malam Senin. Aku menghisap air di antara jari jemariku sekadar ini – ia menunjuk ujung ibu jarinya-. Itu aku dapatkan karena aku memerdekakan Tsuwaibah ketika ia memberikan kabar gembira kepadaku tentang kelahiran Muhammad dan ia menyusukan Muhammad”.
ini Khabar Dusta
[13/11 23:35] ust abu qutbie: ana temukan teks ini didalam kitab-kitab Syi'ah.
berikut diantara teksnya:
مجموع مؤلفات عقائد الرافضة والرد عليها (105/ 11)
أن أبا لهب يخفف عنه العذاب كل يوم اثنين ، لأنه أعتق ثويبة حينما بُشر بولادة النبي ـ صلى الله عليه وسلم ـ ، فإذا كان هذا الكافر يخفف عنه العذاب وهو في جهنم لفرحه بمولد الرسول ـ صلى الله عليه وسلم ـ فكيف بالمؤمن الموحد . وقبل أن أذكر الرد على هذه الفرية أنقل لكم ما رواه البخاري في كتاب النكاح الباب ( 19 ) عن عروة بن الزبير حيث قال : ( قال عروة : وثويبة مولاة لأبي لهب ، وكان أبو لهب أعتقها . فأرضعت النبي ـ صلى الله عليه وسلم ـ ، فلما مات أبو لهب أُريه بعض أهله بشرحبية ، قال له : ماذا لقيت ؟ قال له أبو لهب : لم ألق بعدكم غير أني سقيت في هذه بإعتاقتي ثويبة . أ . هـ ) .
وجاء في الإصابة في تمييز الصحابة لابن حجر : أن ثويبة التي أرضعت النبي ـ صلى الله عليه وسلم ـ وهي مولاة أبي لهب ، كان النبي ـ صلى الله عليه وسلم ـ يصلها وهي بمكة وكانت خديجة تكرمها وهي على ملك أبي لهب وسألته أن يبيعها ، فلما هاجر رسول الله ـ صلى الله عليه وسلم ـ أعتقها أبو لهب ..... إلخ أ . هـ .
dalam hadis ini katanya Abu Lahab diringankan siksaannya pada setiap hari senin, kisahnya:
‘Tsuwaibah, dulunya adalah budak perempuan Abu Lahab. Abu Lahab membebaskannya, lalu dia menyusui Nabi shallallahu alaihi wasallam. Tatkala Abu Lahab mati, dia diperlihatkan kepada sebahagian keluarganya (dalam mimpi) tentang buruknya keadaan dia”.
Dia (keluarganya ini) berkata kepadanya:
“Apa yang engkau dapatkan?”.
Abu Lahab menjawab: “Saya tidak mendapati setelah kalian kecuali saya diberi minum sebanyak ini (sedikit) kerana saya memerdekakan Tsuwaibah”.
*BANTAHAN*
1. Jika kita perhatikan di dalam kitabnya para ulama, tidak kita temui dari kalangan mereka yang menggunakan hadith di atas sebagai dalil bagi membolehkan Maulid.
2. Al-Hafiz Ibnu Hajar al-Asqalani dalam Kitab Fathul Bari mengkritik hadith tersebut sebagai Mursal. Kerana Urwah adalah seorang tabi’in dan beliau tidak menyebutkan dari siapa dia mendengar kisah ini. Sedangkan hadits mursal adalah termasuk dalam kategori hadits-hadits dhaif (lemah) yang tidak boleh dijadikan dalil.
Ibnu Hajar al-‘Asqalani rahimahullah juga berkata:
“Hadis di atas menunjukkan bahawa di akhirat orang kafir boleh memperolehi manfaat dari amal kebaikan yang mereka lakukan, tetapi perkara ini bertentangan dengan zahir ayat al-Qur’an,
{وَقَدِمْنَا إِلَى مَا عَمِلُوا مِنْ عَمَلٍ فَجَعَلْنَاهُ هَبَاءً مَنْثُورًا} [الفرقان: 23]
“Dan Kami hadapi segala amal yang mereka usahakan, lalu Kami jadikan amal tersebut seperti debu yang berterbangan.” (Surah al-Furqan: 23)
Maka, kenyataan di atas dijawab sebagaimana berikut: “Khabar tersebut adalah mursal yang dibawa oleh ‘Urwah dan dia tidak menyebutkan dari siapa dia mendapat kisah tersebut. Sekiranya hadis tersebut maushul, tetapi isi hadis tersebut adalah mimpi sehingga tidak layak untuk dijadikan sebagai hujjah. Boleh jadi saudaranya yang bermimpi itu belum masuk Islam ketika itu sehingga tidak dapat dijadikan hujjah.
Jadi keterangan in sangatlah keliru sekali