Berikut teks hadits dan atsarnya:
Abdullah bin Umar bin Khattab RA. salah seorang shahabat terkemuka tidak menyukai adanya bekas hitam di dahi seorang muslim.
عَنْ سَالِمٍ أَبِى النَّضْرِ قَالَ : جَاءَ رَجُلٌ إِلَى ابْنِ عُمَرَ فَسَلَّمَ عَلَيْهِ قَالَ : مَنْ أَنْتَ؟ قَالَ : أَنَا حَاضِنُكَ فُلاَنٌ. وَرَأَى بَيْنَ عَيْنَيْهِ سَجْدَةً سَوْدَاءَ فَقَالَ : مَا هَذَا الأَثَرُ بَيْنَ عَيْنَيْكَ؟ فَقَدْ صَحِبْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَأَبَا بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُمْ فَهَلْ تَرَى هَا هُنَا مِنْ شَىْءٍ؟
Dari Salim Abu Nadhr, ada seorang yang datang menemui Ibnu Umar. Setelah orang tersebut mengucapkan salam, Ibnu Umar bertanya kepadanya, “Siapakah anda?”. “Aku adalah anak asuhmu”, jawab orang tersebut. Ibnu Umar melihat ada bekas sujud yang berwarna hitam di antara kedua matanya. Beliau berkata kepadanya, “Bekas apa yang ada di antara kedua matamu? Sungguh aku telah lama bershahabat dengan Rasulullah, Abu Bakr, Umar dan Utsman. Apakah kau lihat ada bekas tersebut pada dahiku?” (Riwayat Baihaqi dalam Sunan Kubro no 3698)
عَنِ ابْنِ عُمَرَ : أَنَّهُ رَأَى أَثَرًا فَقَالَ : يَا عَبْدَ اللَّهِ إِنَّ صُورَةَ الرَّجُلِ وَجْهُهُ ، فَلاَ تَشِنْ صُورَتَكَ.
Dari Ibnu Umar, beliau melihat ada seorang yang pada dahinya terdapat bekas sujud. Ibnu Umar berkata, “Wahai hamba Allah, sesungguhnya penampilan seseorang itu terletak pada wajahnya. Janganlah kau jelekkan penampilanmu!” (Riwayat Baihaqi dalam Sunan Kubro no 3699).
عَنْ أَبِى عَوْنٍ قَالَ : رَأَى أَبُو الدَّرْدَاءِ امْرَأَةً بِوَجْهِهَا أَثَرٌ مِثْلُ ثَفِنَةِ الْعَنْزِ ، فَقَالَ : لَوْ لَمْ يَكُنْ هَذَا بِوَجْهِكِ كَانَ خَيْرًا لَكِ.
Dari Abi Aun, Abu Darda’ melihat seorang perempuan yang pada wajahnya terdapat ‘kapal’ semisal ‘kapal’ yang ada pada seekor kambing. Beliau lantas berkata, ‘Seandainya bekas itu tidak ada pada dirimu tentu lebih baik” (Riwayat Bahaqi dalam Sunan Kubro no 3700).
عَنْ حُمَيْدٍ هُوَ ابْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَ : كُنَّا عِنْدَ السَّائِبِ بْنِ يَزِيدَ إِذْ جَاءَهُ الزُّبَيْرُ بْنُ سُهَيْلِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ فَقَالَ : قَدْ أَفْسَدَ وَجْهَهُ ، وَاللَّهِ مَا هِىَ سِيمَاءُ ، وَاللَّهِ لَقَدْ صَلَّيْتُ عَلَى وَجْهِى مُذْ كَذَا وَكَذَا ، مَا أَثَّرَ السُّجُودُ فِى وَجْهِى شَيْئًا.
Dari Humaid bin Abdirrahman, aku berada di dekat as Saib bin Yazid ketika seorang yang bernama az Zubair bin Suhail bin Abdirrahman bin Auf datang. Melihat kedatangannya, as Saib berkata, “Sungguh dia telah merusak wajahnya. Demi Allah bekas di dahi itu bukanlah bekas sujud. Demi Allah aku telah shalat dengan menggunakan wajahku ini selama sekian waktu lamanya namun sujud tidaklah memberi bekas sedikitpun pada wajahku” (Riwayat Baihaqi dalam Sunan Kubro no 3701).
عَنْ مَنْصُورٍ قَالَ قُلْتُ لِمُجَاهِدٍ (سِيمَاهُمْ فِى وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ) أَهُوَ أَثَرُ السُّجُودِ فِى وَجْهِ الإِنْسَانِ؟ فَقَالَ : لاَ إِنَّ أَحَدَهُمْ يَكُونُ بَيْنَ عَيْنَيْهِ مِثْلُ رُكْبَةِ الْعَنْزِ وَهُوَ كَمَا شَاءَ اللَّهُ يَعْنِى مِنَ الشَّرِّ وَلَكِنَّهُ الْخُشُوعُ.
Dari Manshur, Aku bertanya kepada Mujahid tentang maksud dari firman Allah, ‘tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari ATSARIS SUJUUD (bekas sujud)’ apakah yang dimaksudkan adalah bekas di wajah? Jawaban beliau, “Bukan, bahkan ada orang yang ‘kapalen’ yang ada di antara kedua matanya itu bagaikan ‘kapalen’ yang ada pada lutut onta namun dia adalah orang bejat. Tanda yang dimaksudkan adalah kekhusyu’an” (Riwayat Baihaqi dalam Sunan Kubro no 3702).
Bahkan dalam kitab Hasiyah as-Showi,
وليس المراد به ما بصنعه بعض الجهلة المرائين من العلامة في الجبهة فانه من فعل الخوارج وفي الحديث اني لابغض الرجل واكرهه اذا رايت بين عينيه اثر السجود
“Bukanlah yang dimaksudkan oleh ayat adalah sebagaimana perbuatan orang-orang bodoh dan TUKANG RIYA’ yaitu tanda hitam yang ada di dahi karena hal itu adalah ciri khas khawarij (baca: ahli bid’ah)” dalam sebuah hadits disebutkan sungguh saya benci seseorang yang saya lihat diantara kedua matanya terdapat bekas sujud (Hasyiah ash Shawi 4/134, Dar al Fikr).
*Analisa derajat hadits & Atsar tanda hitam di dahi adalah tanda tidak ikhlas*
HADITS 1⃣
Sanad lengkap dari sunan kubro al-Baihaqi.
السنن الكبرى للبيهقي (2/406)
بَابُ سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُود
ِ
3556- أَخْبَرَنَا أَبُو مُحَمَّدٍ جَنَاحُ بْنُ نَذِير بن ْجَنَاحٍ الْمُحَارِبِيِّ، بِالْكُوفَةِ، أنبأ أَبُو جَعْفَرِ بْنُ دُحَيْمٍ، ثنا أَحْمَدُ بْنُ حَازِمٍ ، أنبأ أَبُو نُعَيْمٍ ، ثنا الْعُمَرِيُّ ، عَنْ سَالِمٍ أَبِي النَّضْرِ ، قَالَ: " جَاءَ رَجُلٌ إِلَى ابْنِ عُمَرَ ، فَسَلَّمَ عَلَيْهِ، قَالَ: مَنْ أَنْتَ؟ قَالَ: أَنَا حَاضِنُكَ فُلانٌ، وَرَأَى بَيْنَ عَيْنَيْهِ سَجْدَةً سَوْدَاءَ، فَقَالَ: مَا هَذَا الأَثَرُ بَيْنَ عَيْنَيْكَ، فَقَدْ صَحِبْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبَا بَكْرٍ، وَعُمَرَ، وَعُثْمَانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ، فَهَلْ تَرَى هَاهُنَا مِنْ شَيْءٍ؟ "
*Keterangan Sanad*
Sanad hadits ini DHOIF dgn 2 cacat:
1. Abdullah bin Umar al Umariy, beliau disepakati kedloifannya, simak penilaian muhaddits ttng beliau,
⭕ذكره البيهقي في معرفة السنن والآثار ، وقال : لا يحتج به
⭕ذكره ابو حاتم الرازي في الجرح والتعديل ، وقال : أحب الى من عبد الله بن نافع ، يكتب حديثه ولا يحتج به ، روى عن نافع والمقبرى روى عنه الثوري وأبو نعيم وأبو الوليد والقعنبي
⭕قال ابن حجر في التقريب : ضعيف عابد
2. Janah bin Nadzir majhul hal.
Hadits ini punya jalur lain yg diriwayatkan Ibnu Saad dalam thobaqohnya, serta al Baghindi dalam amalinya sbg berikut,
الطبقات الكبرى لابن سعد [4 : 400]
4830 - قال : أخبرنا خالد بن مخلد قال : حدثنا عبد الله بن عمر ، عن سالم أبي النضر قال : سلم رجل على ابن عمر , فقال : من هذا ؟ قالوا : جليسك ، قال : ما هذا ؟ متى كان بين عينيك ؟ صحبت رسول الله صلى الله عليه وسلم , وأبا بكر من بعده ، وعمر , وعثمان , فهل ترى هاهنا من شيء يعني بين عينيه
أمالي الباغندي حديث : 17
حدثنا أبو هريرة محمد بن أيوب ، ثنا عبد الرحمن بن قيس ، عن عبد الله بن العمري ، عن وهب بن كيسان ، قال : رأى ابن عمر ، شك أبو معاوية ، في جبهته أثر السجود ، قال : " صليت مع النبي صلى الله عليه وسلم ومع أبي بكر وعمر وعثمان فلم ير في جبهتي من هذا شيء "
Namun spt yg terlihat kedua jalur ini pun sama melalui Abdullah bin Umar al Adawi/al Umari (dloiful hadits)
*Dengan demikian, Hadits ini Mauquf dari Ibnu Umar ini statusnya *DHOIF*
Hadits No. 2⃣
Terdapat dlm sunan Al-Kubro Al-Baihaqi
السنن الكبري للبيهقي
[2 : 286] وَأَخْبَرَنَا أَبُو سَعِيدِ بْنُ أَبِي عَمْرٍو، أنبأ أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الصَّفَّارُ، ثنا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْبِرْتِيُّ، ثنا أَبُو نُعَيْمٍ، ثنا إِسْرَائِيلُ، عَنْ أَشْعَثَ بْنِ أَبِي الشَّعْثَاءِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّهُ رَأَى أَثَرًا، فَقَالَ: " يَا عَبْدَ اللَّهِ إِنَّ صُورَةَ الرَّجُلِ وَجْهُهُ، فَلا تَشِنْ صُورَتَكَ "
*Susunan Rawi Sanad dan analisa jarh ta'dil*
1- ابْنِ عُمَرَ (73 ه) صحابي
2- أَبِيهِ (سليم بن أسود المحاربي، 84 ه) ثقة
3- أَشْعَثَ بْنِ أَبِي الشَّعْثَاءِ (125 ه) ثقة
4- إِسْرَائِيلُ (100-160 ه) ثقة
5- أَبُو نُعَيْمٍ (218 ه) ثقة ثبت
6- أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْبِرْتِيُّ (280 ه) ثقة حافظ
7- أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الصَّفَّارُ (339 ه) ثقة
8- أَبُو سَعِيدِ بْنُ أَبِي عَمْرٍو (421 ه) ثقة ،
⭕وثقه ابن العماد والذهبي وحسنه ابن الجوزي
⭕قال القاسم السياري: أنا بريء من عهدته
Seluruh sanad hadits ini Tsiqot, dan hadits ini diriwayatkan juga oleh Ibnu Abi Syaibah sbgai berikut:
مصنف ابن أبي شيبة
[3151 ] حَدَّثَنَا أَبُو الْأَحْوَصِ، عَنْ أَشْعَثَ بْنِ أَبِي الشَّعْثَاءِ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: كُنْتُ قَاعِدًا عِنْدَ ابْنِ عُمَرَ فَرَأَى رَجُلًا قَدْ أَثَّرَ السُّجُودُ فِي وَجْهِهِ، فَقَالَ: " إِنَّ صُورَةَ الرَّجُلِ وَجْهُهُ فَلَا يَشِينُ أَحَدُكُمْ صُورَتَهُ "
Dengan demikian Hadits Ibnu Umar ini *Shahih*.
*TETAPI Atsar Ibn Umar ini memiliki asbabul wurud*, yg disebutkan dalam mushonnaf Abdul Rozzaq berikut,
مصنف عبد الرزاق
[2941 ] عَنِ الثَّوْرِيِّ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ حَبِيبٍ، عَنْ أَبِي الشَّعْثَاءِ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، *أَنَّهُ رَأَى رَجُلا يَتَنَحَّى إِذَا سَجَدَ،* قَالَ: " لا، لا تَقْلِبْ صُورَتَكَ، يَقُولُ: لا تُؤْثِرَهَا "، قُلْتُ: مَا تَقْلِبُ صُورَتَكَ؟، قَالَ: " لا تُغَيِّرْ، لا تُخَنِّسْ "
*_Jadi, perkataan Ibnu Umar ini hanya ditujukan kepada orang yg ingin punya ciri dikeningnya secara REKAYASA, yg ingin terlihat hitam maka digosok kan agar hitam._*
*Apabila atsar sujud dikening itu terjadi alamiyah dikarenakan banyak sujud dan tidak hendak riya dengannya, MAKA ciri ini dapat menolong seseorang di yaumul hisab berdasarkan ayat al Quran, serta menyelamatkan dari api neraka berdasarkan hadits Imam Bukari, Muslim dll.*
*Ayat dan haditsnya nanti disebutkan diujung penelitian*
Hadits no. 3⃣
السنن الكبري للبيهقي
[2 : 286] وَأَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ، حَدَّثَنِي عَلِيُّ بْنُ حِمْشَاذٍ، ثنا يَزِيدُ بْنُ الْهَيْثَمِ، ثنا إِبْرَاهِيمُ بْنُ أَبِي اللَّيْثِ الأَشْجَعِيُّ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ ثَوْرِ بْنِ يَزِيدَ، عَنِ أَبِي عَوْنٍ، قَالَ: رَأَى أَبُو الدَّرْدَاءِ امْرَأَةً بِوَجْهِهَا أَثَرٌ مِثْلُ ثَفِنَةِ الْعَنْزِ، فَقَالَ: " لَوْ لَمْ يَكُنْ هَذَا بِوَجْهِكِ، كَانَ خَيْرًا لَكِ "
Susunan rawi sanad,
1- أَبُو الدَّرْدَاءِ (32 ه) صحابي
2- أَبِي عَوْنٍ (؟) صدوق حسن الحديث
3- ثَوْرِ بْنِ يَزِيدَ (88- 153 ه) ثقة ثبت إلا أنه يرى القدر
4- سُفْيَانَ الثوري (161 ه) ثقة حافظ فقيه عابد إمام حجة ، و كان ربما دلس
5- إِبْرَاهِيمُ بْنُ أَبِي اللَّيْثِ الأَشْجَعِيُّ (234 ه) متروك متهم بالكذب
6- يَزِيدُ بْنُ الْهَيْثَمِ (284 ه) ثقة
7- عَلِيُّ بْنُ حِمْشَاذٍ (258-338 ه) ثقة إمام
8- أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ الحاكم النيسابوري (321-405 ه) ثقة حافظ
Sanad hadits ini *SANGAT DHOIF*,
1. Terdapat Rawi bernama _Ibrohim bin Abi Laits_ statusnya matruk, Imam Abu Dawud, al-Fallas, ad-Dauraqi dll menyebutnya kadzdzab, dan Ibnu Muhammad Jazrah menemukan sekitar 20 hadits palsu yg dibuat oleh Ibrohim bin Abi Laits ini.
Hadits no 4⃣
Terdapat atsar dari kutipan kutab Ibnu Abi Syaibah berikut:
مصنف ابن أبي شيبة حديث : 3103
حدثنا وكيع ، عن ثور ، عن أبي عون الأعور ، عن أبي الدرداء ، أنه رأى امرأة بين عينيها مثل ثفنة الشاة ، فقال : " أما أن هذا لو لم يكن بين عينيك كان خيرا لك "
Abi Darda melihat seorg perempuan ada bekas hitam antara kedua matanya, ia berkata: jika tdk ada tanda hitam antara keduamatamu, maka akan terlihat lebih bagus"
Namun ungkapan Abu Darda inipun masih ada masalah bila dihubungkan dengan jalur Imam Ahmad dalam az-Zuhd-nya sbb,
الزهد لأحمد بن حنبل
حديث : 755
حدثنا عبد الله حدثني أبو حفص ، عمرو بن علي قال : وحدثنا يحيى بن سعيد ، حدثنا ثور ، حدثني أبو عون ، عن أبي إدريس قال : إن أبا الدرداء رأى امرأة بين عينيها مثل نقشة الشاة من السجود فقال : لو لم يكن هذا بين عينيك لكان خيرا لك "
Dalam kedua sanad hadits ini terdapat rawi bernama Abu 'aun, di ragukan mendengar / tidak dari gurunya yg bernama Abi Idris.
Dgb begini, ungkapan Abu Darda dalam hadits ini diragukan kebenarannya, dan jikapun benar maka ungkapan ini tidak berarti adanya larangan / kejelekan bagi orang yang ada tanda hitam dalam dahinya.
Hadits terakhir no 5⃣
السنن ابكبري للبيهقي
[2 : 287] أَخْبَرَنَا أَبُو نَصْرِ بْنُ قَتَادَةَ، أنبأ أَبُو مَنْصُورٍ الْعَبَّاسُ بْنُ فَضْلٍ الضَّبِّيُّ الْهَرَوِيُّ، ثنا أَحْمَدُ بْنُ نَجْدَةَ، ثنا سَعِيدُ بْنُ مَنْصُورٍ، ثنا جَرِيرٌ، عَنْ مَنْصُورٍ، قَالَ: قُلْتُ لِمُجَاهِدٍ: سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ، أَهُوَ أَثَرُ السُّجُودِ فِي وَجْهِ الإِنْسَانِ ؟ فَقَالَ: " لا، إِنَّ أَحَدَهُمْ يَكُونُ بَيْنَ عَيْنَيْهِ مِثْلُ رُكْبَةِ الْعَنْزِ، وَهُوَ كَمَا شَاءَ اللَّهُ، يَعْنِي مِنَ الشَّرِّ، لَكِنَّهُ الْخُشُوعُ "
------------------
Sanad hadits maqthu’ ini hasan. Dan matannya sebgai tafsir dari QS. Al-Fath:29.
Hadits ini tidak mengandung makna yang menyudutkan/celaan terhadap atsar sujud secara fisik.
Terdapat terjemahan yang salah yang disebutkan sipenulis, beliau menterjemahkan kalimat “وَهُوَ كَمَا شَاءَ اللَّهُ، يَعْنِي من الشر " dengan terjemah _“Namun dia orang jahat”._ Bagaimana kalimat ini diterjemahkan begitu jauh ?? ini termasuk penyimpangan makna hadits…..
Terjemah yang benar adalah : _“Tanda fisik itu sebagaimana mau-Nya Allah, yakni termasuk sesuatu yang jelek (dilihat)”_
Artinya jika Allah berkehendak, maka banyak sujudnya seseorang bisa berbekas secara fisik dan itu jelek dipandang. Sedangkan jika Allah tidak berkehendak maka sebanyak apapun sujud yang dilakukan tidak akan berbekas apa-apa.
*KESIMPULAN*
Bekas sujud secara fisik bukanlah ciri pasti pada kesolehan seseorang, sujud hanya bagian kecil amaliyah badan. Amaliyah hati, Iman dsb lebih banyak dan lebih besar. Tetapi bekas ketaatan kepada Allah meskipun kecil, ini tidak boleh dianggap sepele, Ingatkah kita pada kaki Rasul yang membengkak karena terlalu banyak shalat malam?? ketika ditanyakan kepadanya, beliau menjawab: Tidak bolehkah Aku menjadi hamba Allah yang bersyukur ??
[4837] حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يَحْيَى، أَخْبَرَنَا حَيْوَةُ، عَنْ أَبِي الْأَسْوَدِ، سَمِعَ عُرْوَةَ، عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، أَنَّ نَبِيَّ اللَّهِ ص كَانَ يَقُومُ مِنَ اللَّيْلِ حَتَّى تَتَفَطَّرَ قَدَمَاهُ، فَقَالَتْ عَائِشَةُ: لِمَ تَصْنَعُ هَذَا يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَقَدْ غَفَرَ اللَّهُ لَكَ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ، قَالَ: " أَفَلَا أُحِبُّ أَنْ أَكُونَ عَبْدًا شَكُورًا "، فَلَمَّا كَثُرَ لَحْمُهُ صَلَّى جَالِسًا، فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَرْكَعَ قَامَ فَقَرَأَ، ثُمَّ رَكَعَ (رواه البخاري)
dari Abu Al Aswad dia mendengar Urwah dari Aisyah radliallahu 'anha bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melaksanakan shalat malam hingga kaki beliau bengkak-bengkak. Aisyah berkata: Wahai Rasulullah, kenapa Anda melakukan ini padahal Allah telah mengampuni dosa anda yang telah berlalu dan yang akan datang? Beliau bersabda: "Apakah aku tidak suka jika menjadi hamba yang bersyukur?" Dan tatkala beliau gemuk, beliau shalat sambil duduk, apabila beliau hendak ruku' maka beliau berdiri kemudian membaca beberapa ayat lalu ruku.' (HR. Bukhari Muslim dsb)
demikian pula orang-orang yang mati syahid, mereka dibangkitkan dan darah dan luka mereka menjadi saksi kesyahidan mereka dihadapan Allah swt.
Mudah-mudahan tidak berlebihan hal semacam ini dipahami masuk firman Allah berikut:
يَوْمَ تَشْهَدُ عَلَيْهِمْ أَلْسِنَتُهُمْ وَأَيْدِيهِمْ وَأَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ [النور: 24]
“pada hari (ketika), lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan”. (QS. An-Nur : 24)
الْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَى أَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَا أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ [يس: 65]
“Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan”. (QS. Yasin: 65)
Khusus tentang atsar sujud ini, dalam hadits panjang lebar dalam shahih Bukhari dan Muslim dll, dan didalamnya disebutkan:
وَحَرَّمَ اللَّهُ عَلَى النَّارِ أَنْ تَأْكُلَ أَثَرَ السُّجُودِ فَيَخْرُجُونَ مِنَ النَّارِ فَكُلُّ ابْنِ آدَمَ تَأْكُلُهُ النَّارُ إِلَّا أَثَرَ السُّجُودِ فَيَخْرُجُونَ مِنَ النَّارِ قَدِ امْتَحَشُوا فَيُصَبُّ عَلَيْهِمْ مَاءُ الْحَيَاةِ فَيَنْبُتُونَ كَمَا تَنْبُتُ الْحِبَّةُ فِي حَمِيلِ السَّيْلِ
Dan Allah telah mengharamkan kepada neraka untuk memakan (membakar) atsarus sujud, lalu keluarlah mereka dari neraka. Setiap anak keturunan Adam akan dibakar oleh neraka kecuali mereka yang memiliki atsarus sujud. Maka mereka keluar dalam keadaan sudah hangus terbakar (gosong), lalu mereka disiram dengan air kehidupan kemudian jadilah mereka tumbuh seperti tumbuhnya benih di tepian aliran sungai. (HR. Bukhari 806 Muslim 182 dari Abi Hurairah)
Al-Hafidz al-Asqolani menyebutkan pendapat para ulama dari yang dimaksud atsar sujud dalam hadits, ada yang menyatakan:
هِيَ الْأَعْضَاءُ السَّبْعَةُ الْآتِي ذكرهَا فِي حَدِيث بن عَبَّاسٍ قَرِيبًا وَهَذَا هُوَ الظَّاهِرُ
Adalah snggota sujud yang tujuh yang disebutkan dalam hadits Ibnu Abbas dan ini yang dlohir.
Sedangkan menurut Qodli Iyadh lebih spesipik lagi yaitu:
الْجَبْهَةُ خَاصَّةً وَيُؤَيِّدُهُ مَا فِي رِوَايَةِ مُسْلِمٍ مِنْ وَجْهٍ آخَرَ أَنَّ قَوْمًا يُخْرَجُونَ مِنَ النَّارِ يَحْتَرِقُونَ فِيهَا إِلَّا دَارَاتِ وُجُوهِهِمْ فَإِنَّ ظَاهِرَ هَذِهِ الرِّوَايَةِ يَخُصُّ الْعُمُومَ الَّذِي فِي الأولى
Kening secara khusus, dan dikuatkan riwayat Muslim dari jalur lain, bahwasanya mereka keluar dari neraka dan mereka terbakar didalamnya kecuali kisaran wajah. Sebab dlohir riwayat ini mengkhususkan yang umum dalam riwayat pertama. (Fathul Bari 2/293)
Ana berpendapat, bekas sujud secara fisik termasuk pada makna atsar sujud didalam hadits ini, walaupun bukan maksud satu-satunya.
Maka berbahagialah orang yang banyak sujud dengan bekas dikening, tanpa disertai riya, dan hitam d jidat krna bekas sujud itu insyaa Allah akan menjadi saksi d Akhirat.